10 Tips Membeli Apartemen

Pandawa Property. Sekarang ini keberadaan apartemen sudah menjadi hunian yang paling diminati oleh masyarakat yang tinggal di kota besar.

Tuntutan pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga mengharuskan mencari tempat tinggal yang strategis dekat dengan tempat kerja sekaligus aman dan nyaman untuk untuk melepas kepenatan setelah seharian beraktivitas.

Baca Juga :

Tahapan Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih KPR
Cayan Tower Gedung Melintir atau Twisted Tower dan
Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan

Apartemen memungkinkan sebagai tempat tinggal dengan memiliki penawaran fasilitas yang cukup lengkap, tidak heran angka pertumbuhan semakin meningkat. Namun, jangan sampai Anda terjebak untuk membeli apartemen yang ditawarkan oleh pengembang. Ada beberapa pertimbangan untuk membeli apartemen.

10 Tips Membeli Apartemen yang harus diperhatikan :
Berikut 10 tips membeli apartemen yang Lentera Rumah kumpulkan dari beberapa sumber, agar tidak salah memilih apartemen yang tepat bagi Anda.

1. Lokasi
Lokasi merupakan hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan saat akan membeli apartemen. Lokasi strategis bukan hanya dekat dengan tempat kerja saja melainkan harus dipertimbangkan juga jarak dengan pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, kemudahan transportasi dan juga akses jalan raya.

2. Pilih Apartemen yang Sesuai dengan Kebutuhan
Ada beberapa pilihan apartemen yang siap dibeli mulai dari kosongan atau unfurnished (tidak ada furniture sama sekali) hingga fasilitas lengkap atau full furnished (bangunan sudah siap di tempati). Juga tipe atau ukuran apartemen. Carilah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan, bukan hanya karena keinginan semata bahkan bukan karena gengsi.

3. Informasi Tentang Apartemen
Apartemen tergantung pada developer yang membangun. Untuk itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah siapa dan bagaimana kredibilitas developernya. Cek juga sertifikat pendukungnya seperti Hak Guna Bangunan (HGB), surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT) dan lain sebagainya.

4. Perbanyak Pilihan Apartemen
Disarankan mencari referensi apartemen sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan kelebihan dan kekurangan. Jangan hanya bergantung pada satu pilihan apartemen saja. Lebih baik lagi jika menyempatkan waktu untuk berkeliling dan melihat langsung serta bertanya mengenai harga dan nilai keuntungannya (lokasi, fasilitas, dan lain sebagainya) kepada pengembang maupun kepada kerabat atau rekan.

5. Perhatikan Fasilitas Apartemen
Perhatikan juga fasilitas-fasilitas apartemen yang ditawarkan baik itu fasilitas umum maupun pribadi. Selain itu, perhatikanlah juga fasilitas pendukung di sekitar apartemen, misalnya: dekat dengan jalan raya/tol, stasiun LRT, Apartemen Dekat MRT, halte bus, rumah sakit, kantor polisi, tempat ibadah, sekolah, kampus, pasar, minimarket, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

6. Usia Bangunan Apartemen
Khusus bagi calon pembeli apartemen bekas (second) perhatikan usia bangunannya. Disarankan tidak memilih apartemen yang bangunannya sudah terlalu tua karena biaya perawatan yang mungkin bisa banyak.

7. Fasilitas Parkir
Parkir sekilas terlihat sepele apalagi jika tidak memiliki kendaraan sendiri. Namun terkadang perparkiran bisa menjadi masalah. Bagaimana jika saudara atau rekan yang datang membawa kendaraan sendiri, apalagi Anda memiliki kendaraan. Perlu ditanyakan lahan parkir yang disediakan dan apakah ada biaya tambahan dan lain sebagainya.

8. Keamanan Apartemen
Perhatikan dan tanyakan kepada pihak pengembang, mengenai keamanan apartemen, apakah ada CCTV, security 24 jam, access card system termasuk apakah ada biaya keamanan?

9. Biaya Tambahan
Perhatikan juga untuk mengetahui biaya-biaya operasional dan perawatan di apartemen setiap bulannya seperti biaya kebersihan, biaya keamanan, biaya tv kabel dan lain-lain.

10. Kemampuan Pembelian
Yang terakhir adalah kemampuan daya beli Anda. Setelah ke 9 poin diatas telah diperhatikan dan menemukan apartemen yang sesuai dengan pilihan Anda, saatnya untuk memperhatikan kemampuan pembelian, bagaimana cara Anda membeli apartemen tersebut. Apakah dibeli tunai (cash) atau melalui KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Pilihlah sesuai dengan kemampuan Anda.

Silahkan juga melihat beberapa artikel Rumah Hunian, Villa, Ruko dan Pertokoan yang merupakan Product Unggulan Pandawa Property yang telah kami posting terdahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *