6 Denah Rumah Sederhana Minimalis

Ketika hendak membangun rumah, tahapan perencanaan menjadi hal yang begitu penting. Kamu dituntut untuk bisa menyampaikan keinginan personalmu dengan jelas pada arsitek yang kamu percaya.

6 Denah Rumah Sederhana Minimalis. Adanya sketsa rancangan berupa denah rumah sederhana dapat menghindari kesalahan yang terjadi antara kamu dengan arsitek tersebut

Adanya sketsa rancangan berupa denah rumah sederhana dapat menghindari kesalahan yang terjadi antara kamu dengan arsitek tersebut. Proses realisasi atau pembangunan denah rumah sederhana nantinya pun jadi lebih efisien dan hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca Juga :
Cluster Clover Garden Tipe Clarkia – CitraGran Cibubur
– Cluster Clover Garden Tipe Nolana – CitraGran Cibubur
– Gedung di Ibu Kota Baru Diasuransikan
– Cluster Clover Garden Tipe Tritona – CitraGran Cibubur

Beberapa karya denah rumah sederhana ini merupakan rumah satu lantai yang terdiri dari 1 – 2 kamar tidur. Rancangannya diperuntukkan untuk keluarga kecil yang berjumlah 2 – 4 orang, sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru saja berkeluarga dan berencana membangun rumah sendiri.

Bentuk Modular Maksimalkan Lahan Terbatas

Bentuk-Modular

Bentuk Modular pinterest.com

Salah satu fungsi dari denah rumah adalah kamu dapat memanfaatkan lahan terbatas secara maksimal. Bentuk rumah modular yang terdiri dari ruangan yang juga berbentuk modular pada denah rumah sederhana ini berhasil mengolah kekerungan lahan tersebut secara efektif.

Dapat dilihat dari denah rumah sederhana ini penataan ruang yang strategis yaitu membagi kedua sisi lahan menjadi dua fungsi area yang berbeda. Di sisi kanan adala area ruang komunal dan area servis, sementara di sisi kiri merupakan area privat yang terdiri atas dua kamar tidur dan kamar mandi.

Penataan denah rumah sederhana seperti ini membuat lahan yang terbatas tidak terbuang dengan percuma.

Pasokan Udara dari Jendela di Setiap Ruangan

Udara-dari Jendela

Udara dari Jendela two bedroom tile floor

Selain penataan ruang, kamu juga perlu memperhatikan jalur masuknya cahaya dan udara alami. Hal ini sebaiknya ditunjukkan melalui penggambaran langsung pada denah rumah sederhana. Tentukan titik-titik yang nantinya akan dipasangi jendela dan ventilasi sebagai pemasok cahaya sekaligus udara alami.

Tidak hanya letaknya saja, bentuk dan model jendela rumah yang diinginkan pun seharusnya tergambar dengan jelas. Pada denah rumah sederhana ini, jendela besar dipasang pada sisi dinding yang menghadap ke arah belakang rumah. Penemepatan ini dirasa efektif untuk menyalurkan cahaya ke seluruh ruangan.

Pengurangan Sekat Pada Rumah dengan 1 Kamar Tidur

Pengurangan-Sekat

Pengurangan Sekat pinterest.com

Hampir dari seluruh ruangan pada denah rumah sederhana ini tidak terbagi dengan sekat secara penuh.

Terdapat sekat ruangan yang cukup besar membagi kamar tidur dengan ruang keluarga, namun sekat tersebut hanya tiga perempat dinding tingginya dan berfungsi memuat panel TV.

Selebihnya zonasi ruang pada denah rumah sederhana ini dilakukan dengan penempatan furnitur seperi meja makan dengan konsep bar dan penggunaan pelapis lantai yang berbeda secara motif atau pun materialnya.

Pengurangan sekat yang nampak pada denah rumah sederhana ini difungsikan untuk mempermudah akses dan mobilitas di ruang terbatas.

Denah Rumah Sederhana dengan Ruang Sisa

Rumah-Sederhana-home-designing.com

Rumah Sederhana home designing.com

Penataan ruang modular juga diterapkan pada denah rumah sederhana dengan satu kamar tini. Bedanya ruang servis ditempatkan bersebelahan dengan pintu masuk, sedangkan ruang komunal terletak dibelakang rumah agar terkena pencahayaan natural secara langsung.

Menariknya, penataan modular pada denah rumah sederhana ini dapat menghasilkan beberapa ruangan sisa. Untuk pasangan muda yang baru menikah bisa menggunakan ruangan sisa ini sebagai ruang laundry atau ruang kerja.

Apabila anggota keluarga bertambah nantinya, ruangan sisa pada denah rumah sederhana ini bisa direnovasi menjadi nursery room kecil.

Fungsi Rumah yang Lengkap dengan Taman Belakang

Taman Belakang

Taman Belakang home designing.com

Kebutuhan aktivitas luar ruang coba dipenuhi oleh denah rumah sederhana ini. Dibagian belakang rumah dengan dua kamar tidur ini dibuat sebuah taman rumah yang difungsikan sebagai ruang santai.

Meski hanya berbentuk taman kecil yang terisolasi oleh pagar tertutup, tapi penggunaan pintu kaca sebagai akses masuknya udara dari luar ruangan membuat fungsi taman belakang ini cukup optimal.

Denah rumah sederhana ini juga meghadirkan area masuk atau foyer berdekatan dengan dapur yang bisa diolah menjadi area storage.

Akurasi Pengukuran Ciptakan Penataan Maksimal

Penataan-Maksimal

Penataan Maksimal home designing.com

Dalam denah rumah sederhana sebaiknya turut disertakan ukuran luas tiap-tiap ruangan, sekaligus ukuran calon furnitur yang nantinya akan mengisi ruangan tersebut. Sehingga furnitur yang kamu beli nantinya memiliki proporsi yang sesuai dengan luas ruangan. Jadi, nggak ada lagi deh drama furnitur nggak muat masuk ke dalam ruangan.

Biasanya arsitek akan membantumu dalam proses pembuatan denah rumah tersebut, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi mengenai permasalahan yang kamu hadapi.

Kecuali jika kamu ingin membangun rumah sendiri, semoga beberapa karya denah rumah sederhana ini bisa membantu mewujudkan rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *