Canada’s Earth Tower, Menara Hibrida Tertinggi di Dunia

Konsep hybrid atau hibrida tak hanya dilakukan untuk mobil saja, tetapi juga pada arsitektur. Sebuah bangunan yang terletak di Vancouver, Kanada, dibangun dengan struktur hibrida.

Canada's-Earth-Tower

Pengertian hybrid atau hibrida adalah penggabungan dua unsur yang berlawanan, tetapi tetap mempertahankan karakter masing-masing. Misalnya, menggabungkan modern dan tradisional.

Baca Juga :
Urbach Tower Menara Meliuk dari Kayu
Mengejar Pajak Digital

Canada’s Earth Tower dilapisi bahan kayu dan beton untuk membentuk struktur bangunan berkonsep hibrida. Firma arsitektur Perkins + Will membangunnya untuk perusahaan British Columbia.

Proyek tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare di sepanjang Eighth Avenue kawasan Burrard Slopes di Vancouver. Kawasan tersebut sebelumnya ditempati oleh bangunan empat lantai berusia 1970-an.

Dengan tinggi 120 meter, Canada’s Earth Tower menjadi menara kayu hibrida tertinggi di dunia. Menara kayu lain di Vancouver, Terrace House memiliki tinggi 71 meter dan dirancang oleh arsitek Jepang Shigeru Ban.

Baca Juga :
Bangunan Rest Area KM 260B Pabrik Gula Zaman Belanda
MRT Jakarta Bangun TOD di Lahan Perumda Pasar Jaya

Menara dengan luas 31.587 meter persegi tersebut berisi 200 apartemen, pertokoan, restoran, ruang kantor hingga gedung serba guna di lantai 35.

Canada's-Earth-Tower-3

Fasad menara juga sangat unik. Satu rendering dirancang dengan podium yang terbuka untuk taman penuh dengan pepohonan hijau. Sistem struktural hybrid dipakai untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Beton akan digunakan untuk pondasi dan inti. Untuk dinding, pelat lantai dan kolom, tim akan menggunakan campuran kayu laminasi silang, kayu glulam dan kayu laminasi dowel.

Di dalam gedung, kayu akan dipajang penuh. Interior apartemen menggunakan kayu ringan seperti bagian dinding, langit-langit, dan lantai. Setiap lantai terdapat taman, agar penghuninya bisa menikmati sinar matahari.

Menara ini memiliki sejumlah fitur yang akan membantu mengurangi konsumsi energi, seperti jendela tiga lapis, sistem pemulihan panas, serta pencahayaan dan ventilasi alami.

“Canada’s Earth Tower akan menjadi gedung tanpa emisi. Bangunan itu tidak akan mengkonsumsi bahan bakar fosil seperti gas alam,” kata arsitek Perkins + Will dikutip Dezeen.

Rancangan ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca selama tahapan proyek, dari konstruksi hingga operasi. Proyek ini merupakan bagian dari program uji cobayang diluncurkan oleh Canada Green Building Council.

“Menciptakan hubungan yang bermakna dengan lingkungan alam kita di seluruh bangunan adalah karakteristik yang menentukan desain,” kata tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *