Cayan Tower Gedung Melintir atau Twisted Tower

Pandawa Property. Dubai memang sudah dikenal sebagai kawasan elite dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Kini hadir gedung berbentuk memutar atau twisted tower tertinggi di dunia. Letaknya di Dubai, Uni Emirat Arab. Cayan Tower Gedung Melintir atau Twisted Tower

Gedung setinggi 330 meter (1,083 kaki) ini diresmikan pada Senin (10/6/2013) dengan perayaan kembang api besar-besaran. Terletak di Dubai Marina, gedung dengan investasi 1 miliar dirham (sekitar Rp2,72 triliun) ini memiliki 80 tingkat dan menjadi apartemen tertinggi di dunia.

Baca Juga :
Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan
Keuntungan Tinggal di Rumah Hoek
dan
Kelebihan Tinggal di Rumah Minimalis

Setiap lantai di Cayan Tower Gedung Melintir atau Twisted Tower memelintir 1,2 derajat, sehingga dari bawah ke atas gedung ini terpelintir 90 derajat.

Bangunan supertinggi ini merupakan apartemen mewah yang dirancang Skidmore, Owings dan Merrill, perancang gedung pencakar langit terkenal, seperti Burj Khalifa, Trump Tower di Chicago dan Jin Mao di Shanghai.

Dengan bentuknya yang memutar, penghuni bisa menikmati pemandangan ke Palm Jumeirah dan Dubai Marina. Serta merasakan sensasi berada di dalam gedung yang berliku ini.

Untuk memiliki unit di Infinity Tower, calon pembeli harus mengeluarkan kocek dalam-dalam, yakni sekitar Rp 5,4 miliar untuk unit seukuran 1 kamar tidur dan Rp 9,3 miliar untuk tipe 2 kamar tidur.

Desain unik ini lahir dari arsitek yang menangani Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi sedunia. Tim arsitek Skidmore Owings and Merrill (SOM) menggunakan konsep ruang terbuka sehingga tidak ada satupun pilar di dalam gedung.

Pengerjaan gedung berisi kolam renang, spa dan gym ini memakan waktu 8 tahun. Cayan Tower diminati karena lokasinya berada di Dubai Marina yang memiliki pemandangan laut dan pulau The Palm.

Gedung lainnya yang memiliki desain sama dengan Cayan Tower adalah HSB Turning Torso in Malmo, Swedia. Gedung HSB itu merupakan yang paling tinggi di Swedia dan wilayah Skandinavia. Namun gedung setinggi 190 meter itu bentuknya lebih kaku, liukannya tidak sehalus Cayan Tower.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *