Desain Taman Cantik di dalam Rumah Minimalis

Memiliki hunian asri dan sejuk merupakan dambaan untuk setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di kota. Untuk membuat suasana rumah terasa lebih sejuk dan asri dengan menghadirkan taman di dalam rumah.

Desain-Taman-Cantik

Taman biasanya dibuat di depan rumah, di belakang rumah ataupun di area terbuka lainnya di sekitar rumah. Untuk anda yang tidak memiliki lahan tersisa di luar rumah, anda bisa membuat taman cantik di dalam rumah.

Baca Juga :
Kavling Tanah Mandar Asri di Ciracas Jakarta Timur
Survei BI : Minat Masyarakat Berinvestasi di Properti Meningkat
Dinding Gedung Dijadikan Taman Kupu-kupu
Canada’s Earth Tower, Menara Hibrida Tertinggi di Dunia

Pembuatan taman di dalam rumah ini akan memberikan kesan yang natural di rumah anda. Selain itu, kehadiran taman di dalam rumah akan memungkinkan bagi anda untuk bersantai sambil menikmati indah dan sejuknya taman.

Terdapat dua konsep taman yang bisa anda buat, yakni taman kering dan taman basah. Taman kering merupakan konsep taman gersang dengan tanaman yang tidak memerlukan air yang banyak. Taman jenis ini sangat cocok untuk dibuat di dalam rumah. Pilihlah jenis tanaman hijau dengan aneka bunga yang cantik

Untuk anda yang ingin membuat taman di dalam rumah namun bingung memilih desain taman dalam rumah, beberapa desain taman dalam rumah di bawah ini bisa anda jadikan inspirasi.

Desain Taman dalam Rumah yang Minimalis

Desain Taman dalam Rumah yang Minimalis

Taman di dalam rumah akan membuat tampilan rumah asri dan nyaman. Jika anda memiliki area yang tersisa di dalam rumah, anda bisa membuat taman di dalam rumah. Meskipun anda memiliki area yang tidak terlalu luas namun anda tetap bisa membuat taman di dalam rumah anda. Berikut ini desain taman dalam rumah yang dapat anda jadikan inspirasi.

Taman Minimalis Samping Kamar

Taman Minimalis Samping Kamar

Taman menjadi salah satu bagian yang sebaiknya ada di rumah. Selain membuat rumah semakin indah, kehadiran taman juga akan membuat suasana rumah menjadi lebih asri. Taman bisa dibuat di lahan tersisa yang kita miliki, atau anda bisa sengaja menyediakan lahan untuk dibuat taman.

Hanya saja, jika anda tidak memiliki ruang cukup di luar rumah untuk membuat taman karena keterbatasan lahan yang tersedia, maka sebagai solusi anda bisa membuat taman di dalam rumah.

Adanya taman di dalam rumah akan membuat suasana rumah lebih segar. Tentunya anda harus memilih lokasi yang strategis untuk membangun taman di dalam rumah. Seperti pada gambar di atas, taman minimalis di dalam rumah dihadirkan di samping kamar.

Kehadiran taman di dekat kamar akan membuat suasana pagi anda lebih menyegarkan. Anda bisa menggunakan pembatas jendela atau pintu kaca antara kamar dan taman seperti di atas. Sehingga anda bisa setiap saat melihat indahnya taman.

Tanam beberapa tanaman hijau dan pohon hias di taman anda. Dengan dinding batu bata membuat taman anda lebih alami dan indah. Hadirkan juga lampu taman sebagai penerangan taman di malam hari. Letakan juga kursi dan meja kecil untuk bersantai.

Taman dengan Pasir Cantik

Beberapa orang suka bunga dan tanaman hias, namun terkadang malas merawatnya. Untuk anda yang tidak memiliki waktu atau tidak ingin direpotkan dengan perawatan bunga atau tanaman di taman, maka membuat taman pasir adalah ide yang cerdas.

Pembuatan taman ini terbilang hemat, tidak membutuhkan perawatan yang ekstra namun tetap terlihat indah. Taman pasir ini cocok anda jadikan inspirasi untuk taman dalam rumah.

Taman ini lebih mengutamakan penggunaan batu kerikil atau pasir di bagian dasarnya yang dikombinasikan dengan beberapa rumput hijau seperti di atas. Letakan juga beberapa batu untuk menambah kesan alami taman dalam rumah yang anda buat.

Agar suasananya semakin hidup, tanam beberapa tanaman hias di beberapa sudut taman dan ditengah-tengah taman. Letakan juga lampu taman yang cantik untuk menerangi taman anda saat malam hari. Dekorasi dinding bebatuan yang melengkapi membuat taman dalam rumah anda semakin indah.

Taman Dalam Rumah di Bawah Tangga

Taman-Dalam-Rumah-di-Bawah-Tangga

Di bawah tangga biasanya terdapat ruang yang tersisa. Karena lokasinya yang tidak strategis terkadang pemilik rumah tidak memanfaatkannya dan dibiarkan begitu saja. Padahal sebenarnya area di bawah tangga tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuat taman dalam rumah.

Untuk anda yang suka taman atau tanaman hias, membuat taman di dalam rumah adalah ide yang tepat. Manfaatkan area di bawah tangga ini untuk taman yang menarik. Anda bisa membuat taman minimalis dengan konsep sesuai yang anda inginkan.

Taman Dalam Rumah dengan Kolam

Taman Dalam Rumah dengan Kolam

Taman dalam rumah yang dilengkapi dengan kolam seperti di atas bisa di jadikan inspirasi. Kehadiran kolam di taman dalam rumah anda akan membuat suasana lebih asri dan menenangkan. Tidak perlu kolam yang luas, jika ruang yang tersedia cukup kecil maka anda bisa membuat kolam kecil.

Buat kolam memanjang seperti gambar di atas. Letakan juga ubin untuk pijakan di tengah-tengah kolam seperti di atas. Tambahkan juga air mancur dan air terjun agar suasana semakin hidup. Suara gemericik air akan begitu menenangkan.

Di pinggir kolam anda bisa membuat taman kering seperti gambar di atas. Gunakan bebatuan kecil untuk bagian dasar taman. Buat juga pot bunga memanjang seperti gambar di atas untuk menanam tanaman hias yang cantik.

Taman dengan Tabung Kaca

Taman dengan Tabung Kaca

Cara membuat taman di dalam rumah tentunya dengan menyediakan ruang khusus dalam rumah. Jika anda ingin membuat taman dalam rumah yang terpisah dengan area rumah yang lainnya, maka anda bisa membuat sekat dengan menggunakan kaca. Buat ruangan kaca dengan pintu, terlebih lagi jika taman tersebut bagian atasnya terbuka.

Anda bisa membuat ruangan taman dengan bentuk balok ataupun tabung sesuai dengan selera anda. Di dalam ruangan tabung anda bisa menanam tanaman hias kesukaan anda. Anda juga bisa menanam pohon hias seperti di atas.

Untuk bagian bawahnya anda bisa menyimpan bebatuan kecil dengan rumput di bagian tengahnya. Area atas taman yang terbuka memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalamnya.

Taman Luas Dalam Rumah

Taman-Dalam-Rumah-Memanjang

Bagi anda yang memiliki ruang cukup luas di dalam rumah, anda bisa menyulapnya menjadi taman. Desain taman dalam rumah seperti di atas bisa dijadikan inspirasi. Dengan lahan yang cukup luas bisa dengan mudah bagi anda untuk mendesainnya sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Anda bisa menanami rumput-rumput hijau di seluruh taman. Di titik tertentu anda bisa menanam pohon hias dengan tanaman rendah di sekitarnya. Simpan juga beberapa batu untuk membuat susana semakin hidup.

Di bagian sisi yang lainnya, anda bisa membuat pot dari bata untuk menanam tanaman hias dengan bentuk memanjang. Tanam tanaman hias ataupun bunga berwarna-warni agar taman semakin indah. Anda juga bisa menyimpan ubin untuk pijakan seperti gambar di atas.

Taman Gantung Dalam Rumah

Bagi anda yang tidak memiliki ruang atau lahan tersisa di dalam rumah untuk membuat taman, namun tetap ingin menghadirkan taman di dalam rumah, maka konsep taman gantung bisa anda coba.

Taman ini tidak memerlukan ruang karena tanaman bisa anda gantung di dinding. Namun, tidak digantung dengan begitu saja, anda perlu menatanya agar tampilan taman terlihat cantik.
Taman gantung seperti pada gambar di atas terlihat menarik.

Dibuat disuatu ruangan menjadikan ruangan tersebut natural. Aneka tanaman hias yang cantik digantung di dinding seperti di atas. Anda juga bisa menyimpan beberapa tanaman di beberapa tempat seperti pada gambar di atas, baik di meja, di dekat jendela dan lain sebagainya.

Selain tidak memerlukan ruang yang luas untuk membuat taman, konsep taman gantung juga terbilang hemat karena tidak membutuhkan elemen-elemen lainnya seperti taman pada umumnya. Anda cukup menghadirkan beberapa tanaman untuk digantung atau disimpan di pot dengan penataan sesuai dengan keinginan.

Taman Dekat Dapur

Taman Dekat Dapur

Dapur Minimalis di rumah anda akan terlihat lebih menarik jika dilengkapi dengan taman minimalis. Tidak perlu terlalu luas, anda bisa membuat taman kecil seperti pada gambar di atas.

Beberapa tanaman ada yang tidak memerlukan tanah untuk tumbuh, seperti misalkan tanaman yang akarnya bisa menempel pada bebatuan atau kerikil. Selain itu anda juga bisa melapisi bagian dasar taman dengan rumput-rumput hijau.

Untuk pemilihan jenis tanaman itu sendiri, sebenarnya selain tanaman hias anda bisa menanam tanaman yang dapat membantu menetralisir bau yang tidak sedap atau anda bisa menanam sayuran yang digantung pada pot.

Taman Dalam Rumah Modern

Taman Dalam Rumah Modern

Untuk anda yang ingin membuat taman dalam rumah dengan konsep modern, mungkin desain taman seperti di atas bisa anda jadikan inspirasi. Meskipun berada di dalam rumah, tapi taman tetap mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari karena bagian atasnya ditutup transparan.

Dilapisi dengan dinding bebatuan, tampilan taman terlihat begitu modern dan cantik. Seluruh bagian taman bisa anda tanami rerumputan agar taman terkesan asri dan hijau. Anda bisa menambahkan beberapa ubin untuk pijakan seperti pada gambar di atas

Tidak perlu menanam terlalu banyak tanaman, anda cukup menanam tanaman hias di sisi-sisi taman seperti di atas. Anda bisa menanam tanaman hias kesukaan anda. Tambahkan juga beberapa lampu taman untuk menerangi taman saat malam hari.

Taman Dalam Rumah Memanjang

Taman-Dalam-Rumah-Memanjang

Taman dalam rumah bisa anda buat dengan bentuk memanjang seperti pada gambar di atas sebagai sekat atau batas antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya. Tanpa banyak penyekat dengan menggunakan tembok, rumah anda akan terlihat lebih luas.

Seperti pada gambar di atas, anda bisa membuat taman memanjang yang memisahkan antara ruang keluarga dengan ruang makan, hasilnya ruangan terlihat lebih luas. Di taman tersebut anda bisa menanami rumput-rumput hijau.

Kehadiran taman ini di rumah akan membuat suasana rumah anda terasa lebih menyegarkan. Anda juga bisa menanam tanaman hias cantik sesuai keinginan. Berikan beberapa ubin untuk pijakan di taman.

Taman Pasir yang Cantik Minimalis

Kehadiran taman dalam rumah yang cantik akan membuat rumah anda terlihat semakin indah. Untuk anda yang ingin membuat taman cantik dalam rumah yang didimonasi dengan pasir atau kerikil, desain taman seperti pada gambar di atas bisa anda jadikan inspirasi.

Desain taman di atas juga cocok bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk merawat taman. Namun, meskipun begitu sesekali anda harus membersihkannya supaya tidak mengotori area rumah yang lainnya.

Meskipun didominasi dengan kerikil atau pasir, namun taman tetap akan terlihat indah karena ditanam beberapa tanaman dan bunga cantik di sekelilingnya. Kehadiran tanaman membuat suasana taman lebih hidup dan hijau. Sebagai penerangan di malam hari, anda bisa menggunakan lampu taman yang cantik

Taman Dalam Rumah Sederhana

Taman Dalam Rumah Sederhana

Jika anda tidak ingin area rumah anda yang berdekatan dengan taman kotor, anda bisa membuat taman dalam rumah dalam kaca seperti di atas. Desain taman dalam rumah di atas bisa anda jadikan inspirasi.

Anda bisa menambahkan batu kecil atau kerikil di bagian bawah taman. Anda juga bisa menanam berbagai tanaman hias yang cantik. Air mancur dari batu bisa anda hadirkan untuk membuat suasana rumah anda semakin hidup. Di dinding anda bisa menggantungkan tanaman hias seperti di atas. Tanaman hias yang merambat bisa anda jadikan pilihan.

Tips Membuat Taman Dalam Rumah
Taman di dalam rumah selain membuat suasana rumah semakin indah, juga akan memberikan manfaat yang lainnya untuk penghuni rumah. Kehadiran taman akan membuat udara lebih segar.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, sebelum membuat taman penting memperhatikan beberapa tips membuat taman dalam rumah seperti berikut ini.

1. Letak dan Ukuran Taman

Anda harus menentukan ukuran taman dalam rumah yang akan anda buat. Pastikan anda membuat taman dengan ukuran sesuai ruang yang tersedia. Sedangkan untuk penempatan, pastikan anda memilih area yang mudah mendapatkan sinar matahari agar tanamannya tetap sehat dan segar.

2. Konsep Taman
Dalam memilih tema atau konsep taman, anda sebaiknya memilih sesuai dengan konsep rumah anda. Jika rumah anda konsepnya minimalis, maka taman dalam rumah yang sebaiknya dihadirkan yaitu taman dalam rumah minimalis.

3. Tentukan Jenis Tanaman yang Akan Digunakan
Anda tentunya ingin menanami taman dengan aneka jenis tanaman yang anda sukai. Namun, anda sebaiknya memperhatikan jenis tanaman yang cocok dengan taman di dalam rumah.

Jenis tanaman yang cocok untuk taman dalam rumah yaitu taman yang tidak memerlukan banyak air. Sehingga anda tidak perlu terlalu sering menyiram taman.

Selain itu, sebaiknya anda tidak memilih tanaman yang terlalu besar. Anda cukup menanam tanaman hias berukuran kecil atau pohon kecil di taman anda. Demikian Contoh Desain Taman Cantik dalam Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *