Desain Taman Kecil Belakang Rumah

Pandawa Property. Memiliki taman di rumah menjadi impian bagi banyak orang. Dengan adanya taman akan membuat rumah segar dan alami sehingga membuat penghuni rumah lebih betah.

Desain Taman Kecil Belakang Rumah

Dengan adanya taman akan membuat udara di sekitar rumah menjadi segar dan tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan. Apalagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi sangat tinggi dan kurangnya lahan hijau tentu sangat membutuhkan taman hijau di rumah.

Baca juga :

Villa Magnolia Tipe L7 HK – Cluster Exclusive di Depok
Dijual Villa Magnolia L6,5 STD – Hunian Modern dan Dinamis di Depok dan
Kavling Villa Bambu Wulung 2

Namun keinginan tersebut tentunya berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Bagi yang tinggal di daerah perkotaan yang padat tentunya sangat susah untuk mendapatkan rumah dengan area halaman yang luas dan cukup untuk digunakan sebagai taman.

Namun tak perlu khawatir, kita dapat menggunakan bagian belakang rumah untuk dijadikan taman rumah. Meskipun berada di bagian belakang rumah, taman ini juga dapat membuat rumah terasa lebih segar, bersih dan sejuk meski di perkotaan.

Berikut ini kami berikan beberapa cara membuat lahan kecil dibelakang rumah yang masih ada dijadikan taman kecil di belakang rumah.

Konsep Taman Belakang Rumah

Model dan konsep taman di belakang rumah yang patut di coba:
Kita dapat menggunakan model taman kecil di belakang rumah dengan kolam ikan mungkin dan dilengkapi dengan air mancur mini. Tambahkan sentuhan dengan batu-batu alam dan tanaman tanaman hijau kecil di pinggiran kolam yang membuat taman menjadi cantik.

Bila tidak terdapat cukup lahan dibekalang rumah, kita dapat menggunakan model taman kecil di belakang rumah minimalis yang menyatu ke dalam bagian rumah. Ciptakan suasana tanaman yang tertata rapi dan cantik sehingga akan membuat tampilan taman menjadi menarik dan asri.

Kita juga dapat menambahkan batas di sekeliling taman yang sudah di buat. Meskipun mungil dan sederhana namun akan memberikan efek segar pada ruangan rumah.

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-1

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-2

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-3

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-4

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-5

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-6

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-7

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-8

Desain Taman Kecil Belakang Rumah-9

Tips Menata Taman Belakang Rumah

Pilihlah Beberapa Jenis Tanaman
Pemilihan tanaman juga sangat penting dalam membuat sebuah taman rumah. Agar terlihat simple dan manis, cobalah untuk memilih tanaman dengan beberapa variasi jenis dan warna sehingga taman yang di buat lebih berwarna dan hidup.

Banyak jenisnya tanaman tidak akan mempengaruhi penampilan, yang terpenting adalah variasi tanaman yang digunakan. Kita dapat memilih jenis tanaman dan bunga yang berbeda beda untuk ditempatkan dalam taman.

Sesuaikan pula ukuran dan banyaknya tanaman dengan space lahan belakang yang kita miliki. Perhatikan pula faktor keamanan, beberapa tanaman dapat berbahaya bila dijangkau oleh anak anak kecil seperti kaktus ataupun tanaman berduri lainnya.

Bila masih merasa ragu, kita dapat berkonsultasi dengan penjual tanaman untuk menentukan tanaman mana yang cocok dengan belakang rumah kita tersebut.

Menggantung atau Merambatkan Tanaman

Bila ternyata space lahan belakang yang kita miliki benar-benar terbatas, kita dapat menanam tanaman di dalam pot lalu menggantung nya ataupun juga dapat memilih jenis tanaman tanaman yang dapat merambat. Bila kita tidak ingin menggantung pot pot tanaman, kita juga dapat menggunakan rak bertingkat sebagai tempat meletakkan pot tanaman. Solusi ini dirasa sangat efektif untuk lahan taman yang kecil bahkan terbatas.

Memberikan Warna Perabotan di Taman

Selain memberikan sentuhan pada tanaman, kita juga dapat medesain taman sama seperti interior rumah. Taman biasanya memiliki dominan warna hiaju atau coklat, kita dapat memasukkan warna warna lain didalam taman. Ide model taman kecil belakang rumah ini akan memberikan nuansa taman yang lebih hidup. Kita dapat memanfaatkannya dari pot ataupun media tanam lainnya sebagai unsur warna warna tambahan.

Penambahan Beberapa Komponen di Taman

Agar terlihat makin menarik,  dapat membagi taman menjadi beberapa bagian kecil yang nantinya dapat di tambahkan dengan komponen atau material lainnya yang menunjang konsep model taman kecil dibelakang rumah cantik. Kita dapat menyusupkan komponen seperti batu-batu alam, serpihan keramik, potongan kayu dan hal lainnya yang dapat menambah keindahan taman yang dibuat.

Unsur Air di dalam Taman

Agar tidak terkesan monoton, kita dapat memberikan sentuhan unsur air pada tanaman belakang rumah, seperti air mancur ataupun kolam ikan kecil. Bila lahan yang dimiliki terbatas, maka kita dapat membuat aliran air disela sela taman. Selain baik pada tanaman, unsur air didalam taman akan membuat tampilan taman menjadi lebih menarik.

Konsultasi dengan Desain Eksterior

Bila kita sama sekali tidak paham untuk mendesain taman belakang rumah, kita dapat menggunakan jasa desain eksterior untuk membantu mendesain taman kecil di belakan rumah. Konsultasikan berapa besar lahan dan konsep taman yang akan digunakan.

Selain dapat memperoleh desain yang sesuai dan cantik, juga dapat mengkonsultasikan estimasi biaya yang akan di keluarkan. Sehingga kita dapat merancang biaya pembangunan model taman kecil belakang rumah dari awal. Dan tentunya hal ini akan sangat menguntungkan.

Demikian beberapa model dan desain taman belakang rumah yang cantik dan minimalis yang dapat di jadikan referensi serta tips untuk menyulap bagian belakang rumah menjadi taman yang cantik. Memiliki taman akan membuat udara rumah terasa segar dan sejuk sehingga akan sangat menyehatkan bagi penghuninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *