Istana Presiden Ibu Kota Baru Dibangun di Sepaku

Jakarta, Pandawa Property – Lokasi Istana Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur (Kaltim) terungkap. Kabupaten Penajam Paser Utara.

Gambar-rencana-pembangunan-ibukota-baru

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa lokasi istana kepresidenan akan berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga :
Cluster Clover Garden Tipe Fittonia – CitraGran Cibubur
CitraGran Cibubur
– Sri Mulyani : Pajak Netflix dan Spotify Sulit di Tarik
– Batam Berpotensi Jadi Pusat Bisnis Baru

“Kira-kira di situ (sepaku) kawasannya (istana kepresidenan),” ucap Basuki di Gedung DPR.

Basuki bilang, kawasan tersebut sudah melalui kajian dari berbagai aspek. Salah satu perhatian penting adalah terkait keberadaan tambang batu bara.

“Saya kira sesuai dengan penelitian kami dengan Bappenas, yang mengandung batu bara bukan di situ, tapi sebelah timur, teluk,” beber Basuki.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Istana Kepresidenan masuk dalam kategori bangunan khusus, dalam rencana pembangunan ibu kota baru.

Selain Istana Presiden, bangunan khusus juga meliputi Istana Wakil Presiden, Komplek MPR, DPR, dan DPD, serta Kantor Kementerian/Lembaga.

Selain itu, fasilitas kesenian, olahraga dan kebudayaan juga masuk kategori bangunan khusus. Semua bangunan khusus itu rencananya dibangun dalam rentang 2020-2023.

“Skema pembiayaannya nanti ada tim kami, nanti ada Pokja (Kelompok Kerja) Pembiayaan,” tambah Basuki.

Kawasan ini berada di atas ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Penduduk di Sepaku pada 2017 tercatat 32.073 jiwa, dengan rata-rata penduduk per km 27,36 orang per km. Tentu masih sangat luas untuk hunian.

Sepaku dilewati oleh lima sungai utama yaitu Sungai Toyu, Kemaen, Pemaluan, Samuntai, dan Mentawir. Kecamatan ini punya 35 dusun, yang didiami oleh 8.485 rumah tangga. Kecamatan ini mayoritas pemuluk Islam.

Namun yang perlu jadi perhatian, bencana di kawasan ini antara lain kebakaran pemukiman, kebakaran lahan atau hutan, dan banjir. Soal saran infrastruktur, pemerintah pusat berencana membangun bendungan di Sepaku pada lahan 400 hektare pada 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *