Jakarta Punya MRT Pertama RI di Usia 492 Tahun

Ibu Kota DKI Jakarta banyak mengalami banyak perubahan di usianya ke-492 tahun. Satu yang tampak berubah adalah moda transportasinya.

warga-jakarta-punya-mrt

Jakarta kini memiliki moda transportasi canggih bernama moda raya terpadu (MRT)

Jakarta kini memiliki moda transportasi canggih bernama Moda Raya Terpadu (MRT). MRT yang menghubungkan Bundaran HI-Lebak Bulus ini merupakan jenis transportasi pertama yang ada di Indonesia.

Baca Juga :
– Jalur MRT Jakarta Fase II Dibangun di Bawah Tanah
– Jokowi Minta Pengusaha Manfaatkan Perang Dagang AS-China
– Presiden Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Percepatan Infrastruktur
– Adanya MRT Mampu Kerek Harga Properti Komersial

MRT Bundaran HI-Lebak Bulus diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Maret 2019 lalu. Transportasi itu kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun, patut diketahui bahwa pembangunan moda transportasi ini punya sejarah panjang.

Mengutip laman jakartamrt.co.id, proyek infrastruktur ini sudah digagas sejak 1985 atau Orde Baru. Ada sejumlah studi yang memungkinkan sistem MRT di Jakarta.

mrt-jakarta

Namun, proyek tersebut tak kunjung jalan. Krisis ekonomi dan politik yang terjadi antara rentang tahun 1997-1999 ditengarai sebagai salah satu sebab proyek ini jalan di tempat.

Titik terang pembangunan MRT muncul pada 26 April 2012. Gubernur DKI Jakarta saat itu Fauzi Bowo meresmikan pencanangan persiapan pembangunan MRT di Stadion Lebak Bulus, Jakarta.

Saat itu, Foke sapaan akrabnya mengaku lega. Ia berharap MRT menjadi ikon pembangunan serta menjadi transportasi yang nyaman, efisien dan ramah lingkungan.

jakarta-punya-mrt

Pembangunan MRT kemudian dilanjutkan Gubernur DKI Jakarta selanjutnya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi saat itu menyebut proyek MRT masuk sebagai salah satu prioritas dalam anggaran Jakarta tahun 2013. Peletakan batu pertama atau groundbreaking dilakukan pada Oktober 2013.

“Sudah 24 tahun warga Jakarta mimpi ingin punya MRT. Mungkin sudah banyak yang mimpinya hilang, karena tidak dimulai-mulai. Alhamdulillah hari ini akan dimulai groundbreaking fisik pembangunan MRT. Selesainya nanti 2018,” ujar Jokowi saat groundbreaking MRT di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, 10 Oktober 2013.

Pada 24 Maret 2019 lalu, Jokowi meresmikan pengoperasian MRT. Berbeda dengan sebelumnya, Jokowi kali meresmikan dalam jabatannya sebagai Presiden.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan,” kata Jokowi saat meresmikan MRT.

MRT tidak langsung beroperasi komersial saat dioperasikan. MRT Jakarta benar-benar beroperasi secara komersial pada 1 April 2019.

One thought on “Jakarta Punya MRT Pertama RI di Usia 492 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *