Pagar Akuarium Mehmet Ali Gokceoglu Turki

Pandawa Property. Akuarium biasanya diletakkan di dalam sebuah ruangan, tidak demikian dengan sebuah hunian di Turki milik Mehmet Ali Gokceoglu. Mehmet mengubah konsep pagar yang konvensional menjadi unik. Ia mengganti pagar logam yang mengelilingi villa dengan jajaran akuarium, total sepanjang 50 meter.

Pagar-Akuarium-Mehmet-Ali-Gokceoglu

Sebetulnya, villa miliknya cukup mengesankan, tiga lantai dengan taburan lampu yang apabila dilihat dari kejauhan mirip kerlip bintang. Letaknya juga di pinggir pantai.

Baca Juga :
Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih KPR
Perhatikan Ini Bila Ingin Investasi Properti
Cicilan Rumah DP Rp 0 Capai Rp 2,6 Juta Perbulan dan
Anies Beri Nama Rumah DP Rp 0 DKI Samawa

Namun, yang istimewa, Mehmet mengubah konsep pagar yang konvensional menjadi unik. Sekitar 8 tahun lalu, ia mengganti pagar logam yang mengelilingi villa dengan jajaran akuarium, total sepanjang 50 meter. Yang diklaim satu-satunya di dunia.

Ikan jenis barramundi, kurisi, mullet, belut, dan gurita adalah eberapa spesies Laut Aegea yang hidup di pagar akuarium milik Mehmet. Menurut beberapa laporan, kini ada hampir 1.000 ikan yang tinggal di pagar unik itu.

Dengan pagar unik dan jarak dekat ke pantai Laut Aegea, cabang Laut Tengah, vila milik Mehmet menjadi salah satu tujuan wisata populer di Cesme. Bahkan, mampu menarik seribu pengunjung per-hari.

Membangun struktur akuarium transparan sebagai pagar, bukan hal sulit. Tantangannya justru bagaimana menghubungkan pagar akuarium itu dengan pipa yang tertimbun tanah sepanjang 400 meter yang terhubung dengan Laut Aegea.

Fungsi pipa adalah untuk memudahkan pergantian air juga menjaga kebersihannya, agar hewan yang tinggal di akuarium unik itu tak sesak nafas oleh kotoran yang menggenang.

Mehmet, yang juga seorang insinyur topografi, menyewa tim penyelam swasta, khusus melakukan tugas tersebut. Mehmet pun rela membayar sekitar 40 ribu Turkish Lira atau Rp 210 juta untuk memenuhi mimpinya itu.

“Saat aku melihat orang-orang berbaris di luar vlla, aku tak peduli lagi dengan uangku. Semuanya terbayar saat melihat ekspresi mereka ketika menatap hasil karyaku,” kata Mehmet dilansir Oddity Central.

Sejak diperkenalkan tahun 2005, pagar cantik itu masih menarik wisatawan setiap liburan musim panas. Untuk mencegah kerusakan ‘pagar’ atau pencurian ikan, Mehmet memasang 17 kamera pengintai dengan sistem pengenalan wajah.

Jadi meski pengunjung bisa melihat akuarium, mengambil foto atau videonya, kamera pengintai itu akan membunyikan alarm jika ada orang yang terlalu dekat dengan akuarium itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *