Pengertian Sertifikat Tanah

Jakarta. Dengan adanya berita yang lagi viral Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah ke Warga, jadi ada keinginan Pandawa Property mengupas sekilas Pengertian Sertifikat Tanah

Salah satu contoh legalitas yang sering dipertanyakan masyarakat ialah sertifikat tanah. Bukan hanya soal prosedur dan biaya pembuatan sertifikat tanahnya saja, melainkan juga pengertian sampai perbedaan antara sertifikat tanah dan buku tanah.

Baca Juga :
Satu Sertifikat Tanah untuk Beberapa Pemilik
Dijual Rumah Premier Estate 2 Tipe Chamonix Bekasi
Skybridge Tanah Abang Dibuka 7 Desember 2018
– Dijual Rumah Premier Estate 2 Tipe Biarritz

Menurut PP No. 24 Tahun 1997 soal pendaftaran tanah, buku tanah merupakan dokumen dalam bentuk daftar yang memuat data yuridis dan data fisik suatu obyek pendaftaran tanah yang telah ada haknya.

Sedangkan sertifikat ialah surat tanda bukti hak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (2) huruf c UUPA untuk hak atas tanah, tanah wakaf, hak pengelolaan, hak milik atas satuan rumah susun dan hak tanggungan yang masing-masing telah dibukukan dalam buku tanah yang terlibat.

Berdasarkan kebutuhannya, hak atas tanah, hak pengelolaan, tanah wakaf dan hak milik atas satuan rumah susun didaftar dengan membukukannya dalam buku tanah yang mencantum data yuridis dan data fisik bidang tanah yang bersangkutan, dan selama ada surat ukurnya dicatat juga pada surat ukur ini.

Pembukuan dalam buku tanah berikut datanya pada surat ukur sebagaimana dimaksud pada Pasal 29 ayat 1 adalah bukti hak yang bersangkutan beserta pemegang haknya dan bidang tanahnya yang dijelaskan dalam surat ukur secara hukum sudah terdaftar menurut Peraturan Pemerintah ini.

Sementara sertifikat diterbitkan untuk kepentingan pemegang hak yang bersangkutan sesuai dengan data fisik dan data yuridis yang sudah terdaftar dalam buku tanah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1). Sertifikat hanya diserahkan kepada pihak yang namanya tertera dalam buku tanah.

Kesimpulan perbedaannya, buku tanah adalah dokumen yang memuat data yuridis dan data fisik tanah yang tertera haknya, sedangkan sertifikat tanah adalah surat tanda bukti hak atas tanah yang dibukukan dalam buku tanah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *