Persiapan Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Pandawa Property. Memiliki rumah dengan cara menggunakan Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan hal umum dan banyak diminati di Indonesia karena banyak Keuntungan Beli Rumah melalui Fasilitas KPR.

Pengajuan KPR
Untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Asalkan kita bisa memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak bank pemberi kredit rumah tersebut.

Baca Juga :
BTN Bidik Kalangan Milenial naikkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Cayan Tower Gedung Melintir atau Twisted Tower dan
Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan

Berikut ini beberapa Persiapan Penting Dalam Pengajuan KPR yang bisa membantu mempermudah Untuk Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sekaligus menghemat keuangan dan yang terbaik.

Penting Untuk Pengajuan KPR :

1. Riset
Banyak skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ditawarkan oleh bank atau pengembang perumahan. Sangatlah bijak untuk terlebih dahulu melakukan riset serta membandingkan penawaran kredit rumah yang terbaik. Jangan ragu bertanya kepada agen perumahan atau petugas bank seputar fasilitas KPR yang akan digunakan.

2. Besaran Cicilan
Hitung besaran cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mampu untuk dibayar tiap bulannya. Besaran cicilan kredit ini tergantung pada jumlah uang muka. Sesuaikan besaran cicilan ini dengan kemampuan finansial.

Perhatikan juga tenor atau jangka waktu kredit yang diambil. Semakin lama jangka waktu, berarti semakin besar juga jumlah bunga yang akan dibayarkan secara keseluruhan.

3. Suku Bunga Kredit
Pilihlah besaran dan jenis bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terbaik. Seperti disebutkan sebelumnya, bunga KPR menentukan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sesuaikan jenis dan besaran bunga kredit dengan kemampuan.

4. Kelayakan kredit
Di Indonesia jumlah besaran maksimal cicilan kredit per bulan yang bisa diambil oleh debitur adalah 1/3 atau 33% dari pendapatan per bulan. Bila memiliki kredit lain, seperti kartu kredit atau kredit kendaraan, pastikan cicilannya telah lunas ketika mengajukan KPR.

Pastikan juga membayar cicilan kredit tersebut dengan tepat waktu, sehingga kita memiliki catatan kredit bagus dan dianggap layak.

5. Hitunglah biaya lainnya yang dibebankan
Sebelum mengajukan KPR, pahami biaya apa saja yang akan dibebankan. Dengan begitu, kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar biaya ini. Biaya tambahan ini seperti: biaya notaris, biaya appraisal, dan asuransi.

6. Membaca Dokumen Perjanjian Kredit
Pastikan membaca dan mengerti isi dokumen perjanjian kredit. Bila ada yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk bertanya. Jangan pernah untuk menandatangani Perjanjian Kredit kosong, meskipun pihak bank atau developer meminta.

Semoga Persiapan Penting Dalam Pengajuan KPR ini dapat membantu untuk mendapatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terbaik buat kita semua. Semoga Manfaat, Salam Property.

Silahkan juga melihat beberapa artikel Rumah Hunian, Villa, Ruko dan Pertokoan yang merupakan Product Unggulan Pandawa Property yang telah kami posting terdahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *