Skybridge Tanah Abang Dibuka 7 Desember 2018

Pandawa Property. Skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna, di Tanah Abang, Jakarta Pusat, segera beroperasi pada Jumat 7 Desember 2018.


Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan, usai meninjau skybridge pihaknya melihat sarana dan prasarana yang diminta PT KAI sebagai syarat terhubungnya jembatan dengan Stasiun Tanah Abang telah dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pembangunan Sarana Jaya.

Baca Juga :
Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah ke Warga Jakarta Timur
Dijual Rumah Premier Estate 2 Tipe Biarritz
Premier Estate 2 Hunian Eksklusif di Timur Ibukota
Evenciio Margonda Apartment Depok

Sebelumnya, pada 18 November lalu terjadi kesepakatan antara Pemprov DKI dan PT KAI terkait koneksi skybridge dengan stasiun, yakni aset, gate, flow penumpang, sarana dan prasarana, serta pengamanan.

”Hari ini (kemarin) kami melihat semua unsur sudah dipenuhi. PT KAI juga bersedia membuka gate. Kami harapkan 7 Desember sudah dibuka,” ujar Teguh di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menuturkan, saat ini sarana dan prasarana pendukung skybridge sudah hampir 100%.

Sarana prasarana seperti toilet, mushalla, dan sebagainya rampung dan bisa digunakan, tapi jika perlu ditambah pihaknya siap menyelesaikan. ”Toilet ada empat, mushalla juga ada. Kalau memang dirasa perlu diperluas, masih ada space,” katanya.

Di Blok F juga bisa menampung 149 pedagang. Kalau masih ada yang jualan juga di trotoar, kami akan tertibkan,” kata Irwandi. Menurut dia, 446 PKL yang menempati skybridge pada Desember 2018 akan melakukan pembayaran retribusi mulai Januari 2019.

”Kesepakatan kemarin Januari baru bayar uang retribusi ke PD Pembangunan Sarana Jaya sebesar Rp500.000,” ujar Teguh.

Untuk keamanan sekitar skybridge akan dijaga tiga unsur, yakni PT KAI, Pemkot Jakarta Pusat, dan PD Pembangunan Sarana Jaya, dengan mengerahkan 21 petugas keamanan setiap harinya demi menghindari PKL susupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *