Tips Jitu Mengatasi Gagal Bayar Cicilan KPR

Pandawa Property. Menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk membeli rumah merupakan cara yang paling umum dilakukan di Indonesia. Dengan menggunakan fasilitas KPR dapat mencicil rumah dalam tempo atau jangka waktu yang telah ditentukan, biasanya sekitar 10 hingga 15 tahun.

Namun adakalanya kita bisa saja gagal bayar cicilan KPR karena sesuatu kejadian yang tidak kita inginkan, seperti hilang pekerkerjaan ataupun kejadian lainnya yang membuat penghasilan berkurang. Jangan sampai impian memiliki rumah gagal terwujud karena gagal membayar tagihan KPR.

Baca Juga :
Manfaat Investasi Bagi Kehidupan Finansial
Disewakan Unit Apartemen Titanium Square
Pilihan Investasi Properti Sebelum Pensiun

Berikut Tips Jitu Mengatasi Gagal Bayar Cicilan KPR :

1. Kelola Keuangan Dengan Baik
Buatlah budget atau rencana pengeluaran setiap bulannya untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Usahakanlah untuk mematuhi budget tersebut. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya.

2. Bayar cicilan KPR Tepat Waktu
Usahakanlah untuk membayar cicilan KPR tepat waktu setiap bulannya. Ketahuilah fasilitas apa saja dan di mana saja yang bisa digunakan untuk mempermudah pembayaran cicilan kredit. Simpan semua nomor penting bank, terutama yang berkepentingan dalam menangani KPR.

Bicarakan dengan keluarga siapa yang akan bertanggung jawab dalam pembayaran cicilan saat kita tidak sanggup melakukannya sendiri. Sebaiknya manfaatkan fasilitas auto-debet dari tabungan untuk pembayaran tagihan setiap bulan.

3. Tambahan Penghasilan
Pertimbangkan untuk mencari tambahan penghasilan dari sumber lain, jangan hanya mengandalkan dari penghasilan dari kantor saja. Misalnya saja dengan membuka usaha atau berinvestasi di reksadana.

Kemudian, bila penghasilan sudah bertambah, tetap pertahankan gaya hidup. Jangan merubah gaya hidup menjadi lebih mewah ketika penghasilan bertambah. Apalagi, biaya hidup sudah pasti akan bertambah seiring dengan bertambahnya penghasilan.

4. Siapkan Dana Darurat
Persiapkanlah dana darurat minimal sebesar 6 kali pengeluaran bulanan yang juga mencakup tagihan KPR di dalamnya. Dengan memiliki dana darurat ini kita sudah memiliki waktu 6 bulan ketika mengalami musibah atau kehilangan sumber penghasilan.

Dengan begitu dalam waktu 6 bulan kedepan masih bisa tetap membayar cicilan KPR sambil mencari sumber penghasilan baru. Simak juga : Pandawa Property Jasa Desain, Bangun dan Renovasi Rumah

5. Mintalah Bantuan Secepatnya
Ketika sudah menyadari bahwa ada gelagat mulai kesulitan dalam membayar cicilan KPR, segeralah minta bantuan. Hubungilah petugas bank yang menangani KPR kita. Bicarakan kesulitan yang ada dan negosiasikan kemungkinan penurunan bunga KPR atau perpanjangan tenor kredit untuk meringankan cicilan.

6. Lakukan Refinancing KPR
Bila bank tidak mengabulkan permohonan untuk menurunkan besaran bunga atau memperpanjang tenor kredit, lakukanlah refinancing. Dengan refinancing bisa mengganti skema KPR sehingga lebih menguntungkan. Misalnya bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *