Urbach Tower Menara Meliuk dari Kayu

Universitas Stuttgart di Stuttgart, Jerman, menorehkan prestasi dengan membangun sebuah menara kayu lengkung pertama. Bukan sekadar menara, Urbach Tower dibuat dengan memanfaatkan proses penyusutan alami kayu.

urbach-tower-icd-itke-university-of-stuttgart-architecture_dezeen

Urbach Tower dibangun dengan proses non-energi-intensif. Proses tersebut dapat memprediksi bagaimana kayu akan menyusut saat mengering. Dengan teknik ini, kayu bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :
Mengejar Pajak Digital
Bangunan Rest Area KM 260B Pabrik Gula Zaman Belanda

“Meskipun pekerjaan ini terlihat sederhana, memprediksi hasilnya adalah tantangan nyata,” kata kepala Institute for Computational Design and Construction (ICD) Achim Menges, dikutip Dezeen.

Baca Juga :
MRT Jakarta Bangun TOD di Lahan Perumda Pasar Jaya
Harga Rumah Subsidi Naik Juli 2019

urbach-tower-icd-itke-university-of-stuttgart-architecture_dezeen_5

Menges menjelaskan, keunggulan dari metode baru ini adalah lebih hemat energi. Penggunaan alat berat pun dapat diminimalisir dalam proses pembentukan komponen kayu.

Dalam prosesnya, Menges menyebutkan panel kayu laminasi silang terbuat dari kayu cemara berlapis dari Swiss. Panel dibuat saat kadar kelembaban sebanyak 22 persen.

Urbach Tower dibentuk melengkung dengan cara mengurangi kelembaban panel hingga 12 persen di ruang pengering khusus.

Setelah itu, 12 strip kayu berbentuk lengkungan besar ditata membentuk struktur bangunan yang tampak meliuk. Tebal setiap strip mencapai sembilan cm dengan berat 38 kg per meter persegi.

“Apa yang terlihat sederhana itu sulit untuk dicapai dan hanya mungkin melalui interaksi yang cerdik antara bentuk dan kekuatan,” katanya.

Urbach Tower dibuat oleh lulusan Institut Desain dan Konstruksi Komputasi (Institute for Computational Design and Construction/ICD) dan Institut Struktur Bangunan dan Desain Struktural (Institute for Building Structures and Structural Design/ITKE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *